Wednesday, July 29, 2020

Tugas 1 sd 14 Menulis Buku Bersama Om Jay


 TUGAS           : RESUM KE-1

MATERI         : MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU

NAMA            : SURDIJANTI, S.Pd

UNIT KERJA : SMP NEGERI 8 PURWOKERTO

ANGKATAN : 11

 

Hari/tgl            : Senin, 1 Juni 2020                                                               

Waktu             : 19.00 – 21.00 WIB

Nara Sumber   : Wijaya Kusuma, M. Pd

Moderator       : Mr Bambs

MANULIS BARENG OM JAY

 

Kuliah on line merupakan pengalamanku yang tidak pernah kulupakan sepanjang hayatku. Hal ini terjadi karena ada rasa khawatir ketinggalan dan cemas kuota habis. Sebelum kuliah saya menyuruh anak membeli kuota terlebih dahulu. Setelah itu saya berusaha membuat blog melalui google.com ternyata mengalami kegagalan berulangkali saya coba gagal lagi. Terakhir yang aku lakukan harus meminta bantuan anak perempuanku yang masih kuliah. Anak jaman sekarang benar-benar IT nya hebat-hebat. Ibarat dalam hitungan detik, pembuatan blog pun berhasil. Alkhamdulillah puji syukur kehadirat Illahi Robbi.

Ketegangan berikutnya muncul pada saat mengikuti perkuliahan jam 19.00 dimana Om Jay menutup wa. Aku mulai bingung, katanya kuliah kok ampleng saja ya? Begitu kata hatiku. Lima menitpun berlalu, masih belum ada tanggapan juga. Mulailah aku bertanya ke teman-teman. Merekapun menjelaskan bahwa kuliah on line ya sudah hadapi saja wa nya nanti kan ada wa masuk di group tersebut. Tidak berapa lama Om Jay

Kubaca dengan saksama setiap wa Om Jay yang masuk. Akhirnya beliau memberikan tugas meresum hari ini.

Adapun hasil resum kuliahku dalam membuat buku, yang diperlukan diantaranya:

1.      Banyak membaca buku-buku agar mudah menuangkan kata demi kata.

2.      Pantang berputus asa, harus selalu bersemangat.

3.      Bahasanya sederhana agar mudah dimengerti dan dipahami oleh orang lain

4.      Dilaksanakan secara terus menerus

5.      Lebih mudah membuat buku berdasarkan pengalaman sendiri dalam kehidupan sehari-hari.

6.      Berbagi ilmu dan pengalaman.

7.      Diperlukan kolaborasi dengan editor.

8.      Diniati jangan hanya untuk meraih pangkat tetapi berbagi dsengan sesama

9.      Dibutuhkan kesabaran yang tinggi karena membuat buku perlu proses yang panjang.

10.  Buku adalah gudangnya ilmu.

 

TUGAS           : RESUM KE-2

TEMA             : MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU

NAMA            : SURDIJANTI, S.Pd

UNIT KERJA : SMP NEGERI 8 PURWOKERTO

ANGKATAN : 11

 

Hari/tgl            : Rabu, 3 Juni 2020                                                                

Waktu             : 19.00 – 21.00 WIB

Nara Sumber   : Hati Nurahayu

Moderator       : Fatimah


PENELITIAN TINDAKAN KELAS MENJADI BUKU

 

Kuliah kesdua bersama Om Jay tentang PTK. Dalam hati saya sangat berbunga-bunga karena akan mendapatkan apa yang selama ini ingin saya lakukan yaitu membuat PTK sampai selesai. Tapi sayang harapan saya pupus karena materi yang disajikan

 

Dalam resum kuliah kali ini PTK dijadikan nilai PAK terutama bagi PNS Guru. Selain PTK ada lagi yang bisa dijadikan buku yaitu ARTIKEL dan BEST PRACTICE. Syarat mengubah PTK menjadi buku dilakukan dengan:

1.      Dua cara atau beberapa trik

2.      Memperbanyak isi materei variabel dari kata kunci judul buku

3.      Memperluas isi bacaan melalui sumber lain yang relevan.

4.      Bisa dilakuka oleh dua orang dan nilainya dibagi dua

5.      Minimal

6.      Dalam menulis PTK harus ada tahapan

7.      PTK ada alur penelitiannya serangkaian observasi-rencana-tindakan-refleksi-bersiklus

8.      Best pract adalah pengalaman terbaik di kelas dengan sistematika tertentu yang lebih simpel

9.      PTK dapat dijadikan best practice namun laporan best practice tidak dapat dijadikan PTK.

10.  Mengolah kalimat PTK jangan ada kata-kata LAPORAN PTK dari pengantar atau pembuka pada buku.

Alkhamdulillah sedikit banyak kuliah kali ini menginspirasi saya untuk membuat PTK, best practice dan membuat buku. Ibarat pepatah mengatakan:

 

Semoga Alloh SWT meridhoi, aamiin yaa rabbal’alamiin.

 

 

 TUGAS           : RESUM KE-3

TEMA             : PENULIS PEMULA

NAMA            : SURDIJANTI, S.Pd

UNIT KERJA : SMP NEGERI 8 PURWOKERTO

ANGKATAN : 11

 

Hari/tgl            : Jumat, 5 Juni 2020                                                               

Waktu             : 19.00 – 21.00 WIB

Nara Sumber   : Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd

Moderator       : Fatimah

 

JENIS-JENIS TULISAN

 

Saya terkejut ketika membuka perkuliahan. Dalam hati saya berkata: kuliah macam ini ko dipaparkan melalui audio??? Rasa ingin tahupun segera muncul dan dengan dengan segera saya buka satu persatu audio tersebut. TERNYATA KU TAHU APA YANG KUMAU

 

Adapun isi audia yang ditayangkan pada perkuliahan kali ini adalah tentang pengalaman pertama seorang penulis dalam membuat buku yang diilhami oleh pengalaman dalam kehidupan pribadi penulis dan kisah-kisah nyata dilingkungan kehidupan beliau

Jenis-jenis penulisan buku bisa berasal dari:

1.      Parenting

2.      Antologi

3.      Fiksi

4.      Autobiografi

Belajar menulis buku dimulai dari:

1.      Silaturahmi melalui berbagai media

2.      Dunia penulisan dapat didapat melalui pelatihan, diklat maupun during

3.      Bergaul dengan para penulis

Kurangnya ide kadang menghambat aktivitas menulis. Tidak perlu menunggu ide/kejadian hebat untuk menulis. Hal biasa saja yang kita tulis akibat kita melakukan/mengalami sesuatu. Jadi yang paling mudah ditulis adalah aktivitas sehari-hari dimanapun dan kapan pun kita berada.



TUGAS           : RESUM KE-4

TEMA             : MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU

NAMA            : SURDIJANTI, S.Pd

UNIT KERJA : SMP NEGERI 8 PURWOKERTO

ANGKATAN : 11

 

Hari/tgl            : Senin, 8 Juni 2020                                                               

Waktu             : 19.00 – 21.00 WIB

Nara Sumber   : Emi Sudarwati

Moderator       : Fatimah

SRIKANDI BAURENO BOJONEGORO

 

Seorang wanita cantik bernama Emi Sudarwati guru Bahasa Jawa SMP Negeri 1 Baureno Bojonegor

 

 

Tahun 2015 beliau

 

Tahun 2016 beliau ditunjuk untuk mengikuti guru berprestasu untuk yang kedua kalinya dan mendapatkan juara ketiga dari 30 peserta. Dan di tahun yang sama atas inisiatif

 

TUGAS           : RESUM KE-5

TEMA             : MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU

NAMA            : SURDIJANTI, S.Pd

UNIT KERJA : SMP NEGERI 8 PURWOKERTO

ANGKATAN : 11

 

Hari/tgl            : Rabu, 10 Juni 2020

Waktu             : 19.00 – 21.00 WIB

Nara Sumber   : Agung Pardini

Moderator

DOMPET DHUAFA

 

Keterbatasan kondisi geografis dan budaya, aktivitas menulis dan berkarya memiliki tantangan sendiri buat para guru-guru terutama kendala-kendalanya adalah:

1.      Gaya bahasa, ada beberapa istilah yang Bahasa Indonesia yang dimaknai secara berbeda di daerah.

2.      Penggunaan komputer, banyak yang belum mengenal MS Office.

3.      Listrik di beberapa wilayah hanya menyala di malam hari.

4.      Ejaan yang belum disempurnakan

Cara mengatasi kendala tersebut adalah dengan MODEL PENDAMPINGAN INTENSIF.

 

Dompet Dhuafa dibangun oleh para jurnalis senior Republika di era-era awal. Sehingga setiap program yang dikerjakan guru di daerah harus memiliki produk buku atau tulisan. Walaupun outputnya ada juga yang berbentuk PTK, jurnal pembelajaran, puisi dan lain sebagainya. Pencetakannya juga dibiayai oleh Dompet Dhuafa. Buku-bukunya dibgaikan secara gratis bagi daerah-daerah lain yang membutuhkan.

 

 

TUGAS           : RESUM KE-6

MATERI         : KISAH GURU NGEBLOG DI WORDPRESS

NAMA            : SURDIJANTI, S.Pd

UNIT KERJA : SMP NEGERI 8 PURWOKERTO

ANGKATAN : 11

 

Hari/tgl            : Jumat, 12 Juni 2020

Waktu             : 19.00 – 21.00 WIB

Nara Sumber   : Bambang Purwanto

Moderator       : Fatimah

  

 WORDPRESS

Beliau ngeblog sejak tahun 2008 saat mengajar di SMP Taruna Bakti dengan jam tambahan sebagai pembimbing eskul blog menggunakan MULTIPY, yang dalam perjalanan tidak bisa dipakai lagi, sehinnga harus berpindah ke WODPRESS.

 

Beliau senang menulis karena sejak tahun 2003 adalah sebagai pendongeng sehingga harus banyak membaca buku. Beliau banyak sekali menulis buku diantaranya Balada si Roy juga pendiri Rumah Dunia yaitu sebuah taman bacaan yang keren. Dan juga beliau banyak menyabet kejuaraan-kejuaraan.

 

Tujuan Membuat Blog:

1.      Malu sebagai guru TIK ngak bisa blog

2.      Malu sebagai penggiat literasi ngak punya blog

3.      Berbagi pengalaman

4.      Menyimpan tulisan sepanjang zaman (bukan sepanjang hayat)

5.      Menghasilkan rupiah.



 TUGAS           : RESUM KE-7

MATERI         : MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU

NAMA            : SURDIJANTI, S.Pd

UNIT KERJA : SMP NEGERI 8 PURWOKERTO

ANGKATAN : 11

 

Hari/tgl            : Senin, 15 Juni 2020

Waktu             : 19.00 – 21.00 WIB

Nara Sumber   : R. Brian P

Moderator       : Fatimah

 

MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU

 

Ngeblog di blogger.com dan kisah menerbitkan buku.

Beliau tidak ingin mengajarkan tapi ingin punya banyak teman-teman guru-guru blogger agar merasa tidak sendiran sebagai blogger. Beliau sangat bersyukur bertemu dengan guru-guru blogger di seluruh Indonesia dan berharap agar gruop ini tetap eksis.

 

Faktor utama ngeblog adalah MOTIVASI yaitu hasil ngeblog dan target ngeblog. Kebanyakan blogger motivasinya berorientasi pada hasil khususnya penghasilan dari iklan. Hal ini yang seharusnya kita hindari karena dampaknya jika tidak ada penghasilan bognya akan terbengkalai.

Sebagai pemula yang baru membuat blog diperlukan waktu 6 (enam) bulan jika ingin

Hal yang paling mudah ditulis adalah pengalaman/aktivitas sehari-hari di rumah atau di tempat kerja atau dimanapun kita berada. Apalagi kita sebagai guru pasti punya banyak sekali cerita-cerita yang mengasyikkan dan menghebohkan.

 

Dalam

1.      Cantumkan nama yang keren dan mudah diingat

2.      Berbagi tentang pengalaman untuk menambah pengetahuan

3.      Carilah berita yang sedang update.

4.      Cantumkan sumbernya

5.      Input gambar atau video agar lebih menarik.

6.      Biasakan dengan tampilan baru blogger.com yang kerap merubah agar tidak membosankan

Menulis di blog bisa menjadi modal awal untuk membuat kumpulan tulisan menjadi buku.

Semangatlah menulis di blog, seperti Om Jay bilang, “menulislah setiap hari, dan buktikan keajaibannya”

 

 

TUGAS           : RESUM KE-8

MATERI         : MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU

NAMA            : SURDIJANTI, S.Pd

UNIT KERJA : SMP NEGERI 8 PURWOKERTO

ANGKATAN : 11

 

Hari/tgl            : Rabu, 17 Juni 2020

Waktu             : 19.00 – 21.00

Nara Sumber   : Cikgu Tere (Theresia Sri Rahayu, S.Pd)

Moderator       : Fatimah 

MENULIS RESUME KULIAH

 

Meresum merupakan kegiatan yang tidak mudah. Apalagi bagi sebagian siswa/mahasiswa. Tetapi tidaklah sulit bagi sebagain yang lain, bahkan dianggapnya sebagai kegiatan yang mudah dann menyenangkan sekali karena sudah mempunya trik-trik tertentu sehingga dengan cepat dapata menyelesaikannya. Jadi dalam membuat resum diperlukan kiat-kiat khusus/tips dan triknya.

 

Berdasarkan pengamalam ibu Tere dalam menulis ada dua motivasi utamanya, yaitu:

1.      Berbagi/ sharing

2.      Berprestasi

Hal itu dibuktikan dengan hadiah/penghargaan yang didapat sebagai resume tercepat, resume terbaik dan resume terbaik dan inspiratif. Hal ini membuktikan apa yang dikatan oleh Om Jay

 

Ibu Tere berbagi pengalaman tentang menulis resume dengan tips-tips sebagai berikut:

1.      Menulis resume sesegera mungkin, selagi topik itu hangan dengan tujuan agar tidak semakin banyak uang terlewat.

2.      Menulis resume dengan gaya menulis kita sendiri, just be your self.

3.      Tangkap pint penting materi dari nara sumber, modifikasi dengan kalimat sendiri (jangan asal kopas materi dari chat)

4.      Gunakan pengantar yang menarik sebelum masuk di isi resume.

5.      Gunakan heading dan sub heading untuk membantu pemahaman si pembaca.

6.      Tulislah resume dengan sepenuh hati, bukan hanya sekedar untuk memenuhi tugas. Sehingga dalam meresum kita akan:

a.       Menentukan judul yang wow

b.      Mencari referensi yang terkait topic

c.       Merancang “pasar” dan melakukan strategi promosi

d.      Merancang tampilan/visual resume dengan menambahkan gambar/video

e.       Melakukan editing sederhana.

7.      Cari informasi terkait nara sumber yang akankit tulis materinya dengan cara stalking akun medsos narasumber (FB, instagram, dll)

8.      Gunakan aplikasi atau alat-alat lain yang mendukung kita dalam menulis resume

 

Dalam sesi tanya jawab pemaparan materi tentang berbagi pengalaman menulis resume yang baik, Cikgu menyampaikan tips agara blognya banyak dikunjungi pembaca maka harus:

1.      Buatlah artikel yang menarik, actual dan update.

2.      Buatlah judul artikel yang wow

3.      Bagikan postingan blog dibeberapa

 

Kesimpulan beliau, menulis resume banyak manfaatnya antara lain:

1.      menambah pengetahuan,

2.      mengikat sari-sari ilmu,

3.      menajamkan pola berfikir

4.      akan banyak mendapatkan keajaiban.

 

 TUGAS           : RESUM KE-9

MATERI         : MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU

NAMA            : SURDIJANTI, S.Pd

UNIT KERJA : SMP NEGERI 8 PURWOKERTO

ANGKATAN : 11

 

Hari/tgl            : Jumat, 19 Juni 2020

Waktu             : 19.00 – 21.00 WIB

Nara Sumber   : Siska Distiana

Moderator       : Fatimah

RAGAM KARYA TULIS NON FIKSI

 

Kuliah kali ini membuatku terkagum-kagum, bagaiman tidak seseorang

 

Berdasarkan pemaparannya ragam tulisan non fiksi itu sangant banyak, termasuk ensiklopedia, kamus dan buku teks.

Alasan

1.      Pengetahuan (knowledge), karena ingin berbagi ilmu

2.      Jejak langkah (copyright milestone), bercerita tentang perjalanan, atau pengalaman karir dan lain-lain.

3.      Ide/ gagasan (paten), aktifitas yang dilakukan.

Selain tersebut di atas, beliau senang menulis disebabkan untuk mengaktifkan otak.

 

Dalam membuat tulisan. Dibedakan menjadi dua yaitu tulusan fiksi dan non fiksi. Kebanyakan orang suka menulis non fiksi. Dalam konteks karya dan tulisan karya informatif dimana poenulis bertanggung jawab penuh atas kebenaran dan akurasi informasi yang disajikannya. Sehingga di dalam menyajikan merupakan pengalaman pribadi dan bukan plagiate hasil karya orang lain.

 

Ada

1.      Berita. Yaitu cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa hangat.

Menurut teknik penulisannya berita dibedakan menjadi dua, yaitu:

a.       Hard news, yaitu berita yang ditulis dengan lugas, singkat, padat dan tidak bertele-tele (to the point). Contohnya berita kebakaran di koran.

b.      Feature, yaitu berita yang ditulis dengan gaya bercerita berbunga-bunga bahasa, menggunakan kata-kata hiasan agar lebih menarik. Dengan harapan pembaca selain mendapat informasi juga mendapatkan hiburan.

Untuk menulis berita yang baik, harus memenuhi

a.       5W + 1H (Who, What, When, Where, Why dan How). Jadi dalam menulis berita harus bisa menceritakan siapa yang melakukan, apa, kapan dan dimana dilakukan mengapa melakukan itu dan bagaimana ia melakukannya

b.      Ada nilai

Faktualitas yaitu tentang kebenaran kejadian. Jadi sebuah berita harus benar-benar berdasarkan kejadian nyata.

2.      Esai, yaitu karangan prosa yang membahas masalah sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya, hal ini sering disebut opini.

Ketika akan menulis esai kita harus:

a.       Menentukan dahulu topiknya apa yang akan kita tanggapi.

b.      Uraikan tanggapan kita

c.       Mencari referensi yang terkait jika diperlukan.

Misal tentang kasus corona. Langkah yang kita lakukan:

a.       Kumpulkan data, misal jumlahnya berapa, kenaikannya perhari berapa dan seterusnya

b.      Tuliskan gagasan kita, misalnya bagaimana caranya mengurangi penyebaran corona contohnya berada dirumah saja, dengan rajin mencuci tangan dan seterusnya.

c.       Jika ada referensi yang mendukung ide kita akan lebih baik lagi, misalnya mengambil teori atau pendapat ahli untuk menguatkan hal tersebut.

3.      Catatan perjalanan. Karena berupa proses perjalanan atau hal-hal yang ditemui dalam perjalanan maka harus mengenai tempat yang dikunjungi, budaya daerah, makanan khas dan seterusnya.

4.      Artikel informatif, yaitu tulisan yang berisi informasi tetang suatu hal. Tujuannya untuk menambah pengetahuan pembaca. Sehingga isinya murni informasi yang dalam bahasa populer disebut “artikel feature”

5.      Best practice adalah tulisan tentang pengalaman terbaik dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Biasanya dibuat oleh para pendidik yang terlibat dalam dunia pendidikan. Best practise selain sebagai lesson study juga bisa menjadi masukan bagi pemerintah untuk memperbaiki kulaitas pendidikan.

 

Tulisan

a.       Pendahuluan, berisi latar belakang masalah, permasalahan dan strategi pemecahan masalah. Pada bagian pemecahan masalah dipilih dan dijelaskan tahapann operasional pelaksanaannya.

b.      Pembahasan, berisi alasan pemilihan strategi pemecahan masalah, hasil yang akan dicapai, kendala-kendala yang dihadapi dalam melaksanakan strategi, faktor pendukung dan alternative pengembangannya

c.       Kesimpulan dan rekomendasi. Berisi kesimpulan yang diperoleh dari pengalaman yang diperoleh untuk dijadikan rekomendasi tindak lanjutnya.

 

Dalam membuat tulisan, langkah-langkah yang harus kita ambil adalah mengeluarkan apa yang berseliweran di pikiran kita.

 

Adapun langkah-langkah menulis jenis apapun diantaranya:

1.      Menentukan tema

2.      Menetapkan tujuan

3.      Membuat kerangka tulisan

4.      Mengumpulkan bahan atau data

5.      Mengembangkan kerangka melalui data yang diperoleh

6.      Mengecek

7.      Mengekspos

Modal utama menulis adalah membaca karena kemampuan menulis berbanding lurus dengan kemampuan membaca.


TUGAS           : RESUM KE-10

MATERI         : MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU

NAMA            : SURDIJANTI, S.Pd

UNIT KERJA : SMP NEGERI 8 PURWOKERTO

ANGKATAN : 11

 

Hari/tgl            : Senin, 22 Juni 2020

Waktu             : 19.00 – 21.00 WIB

Nara Sumber   : Agus Sampurno

Moderator       : Fatimah

TANTANGAN MEMBUAT TULISAN DI BLOG

 

Kuliah malam ini berbeda dengan malam-malam sebelumnya yaitu sebuah tantangan untuk membuat tulisan di blog dengan ketentuan-ketentuan:

1.      Memilih salah satu judul yang tersedia, yaitu:

a.       Tiga manfaat dari kegiatan di group belajar menulis

b.      Tiga cara guru tetap optimis dimasa new normal

c.       Tiga salah paham guru mengenai contoh kedisiplinan

d.      Tiga cara mudah guru memberikan contoh kedisiplinan

e.       Tiga resep sukses guru yang pendiam

2.      Tulisan terdiri atas 1500-300 kata

3.      Boleh menentukan judul sendiri tapi tetap menggunakan salah satu pilihan kata berikut:

a.       Resep sukses

b.      Cara mudah

c.       Tips

d.      Manfaat

Tantangan tersebut ternyata membuatku semangat dan mencari-cari makna dibalik ini semua. Ternyata judul mengandung banyak makna, seperti:

1.      Bila judul menarik akan banyak orang yang tertarik

2.      Dengan judul orang akan merasa penasaran untuk membaca.

3.      Melalui judul orang dibuat terlena, suka dan duka menyatu

4.      Judul menjadi inspirasi siapa saja yang ingin menorehkan isi tentangnya.

 

TUGAS           : RESUM KE-11

MATERI         : MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU

NAMA            : SURDIJANTI, S.Pd

UNIT KERJA : SMP NEGERI 8 PURWOKERTO

ANGKATAN : 11

 

Hari/tgl            : Rabu, 24 Juni 2020

Waktu             : 19.00 – 21.00 WIB

Nara Sumber   : Dedi Dwitagama

Moderator       : Fatimah

CARA MENDOKUMENTASIKAN TULIASAN DALAM BLOG

 

Media blog pertama kali dipolulerkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs yang akhirnya diakuisisi oleh Google pada tahun 2002. Pak Desi ngeblog sejak tahun 2005 di blogspot untuk mendokumentasikan perjalanannya dari Sabang sampai Merauke dan negara-negara di dunia.

 

Salah tips menulis adalah pada saai ide muncul dimanapun berada. Untuk memunculkan kalimat yang menarik perhatian munculkan ide tulisan tersebut kemudian dijabarkan dengan uraian yang diperlukan bisa juga dengan menambahkan referensi pendapat dari para pakar dan sertai dengan video serta gambar-gambar yang menarik. Dengan sering menulis dan pengalaman menulis otomatis akan meningkatkan mutu tulisan. Sebagi pembanding bisa berkunjung ke blog teman.

 

Manfaat dari blog yang utama adalah mendokumentasikan kegiatan, perjalanan, ide-ide, keresahan atau apapun yang terlintas dalam benak kita, baik melalui dalam bentuk foto atau video, dimana suatu waktu bisa kita nikmati hasilnya di suatu hari nanti dan bermanfaat bagi orang lain.

 

Supaya kumpulan tulisan kita diblog dapat dibukukan, sebaiknya dikonsultasikan dengan edotpr atau pihak penerbit terlebih dahulu.

 TUGAS           : RESUM KE-12

MATERI         : MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU

NAMA            : SURDIJANTI, S.Pd

UNIT KERJA : SMP NEGERI 8 PURWOKERTO

ANGKATAN : 11

 

Hari/tgl            : Jumat, 26 Juni 2020                                                             

Waktu             : 19.30 – 20.30 WIB

Nara Sumber   : Namin AB Ibnu Solihin

Moderator       : Fatimah

MEMBANGUN BRANDING LEWAT BLOG DAN MEDIA SOSIAL

 

Namin AB Ibnu Solihin adalah seorang motivator pendidikan.com yang sudah membagikan 250 materi training. Beliau juga aktif di media sosial seperti instragram @motivatorpendidikancom, di Chanel You Tube Motivator Pendididikan Com.

 

Beliau mulai ngeblog tahun 2007, kebanyakan berisi curahan hati, hingga di tahun 2013 beliau mulai mengenal guru-guru kreatif seperti Pak Agus Sampurno dengan brandnya Guru Kreatif, Om Jay Wijaya Kusuma dengan brandnya Guru Blogger dan Bang Dedi Dwitagama. Dari sinilah keinginan menulis semakin baik sampai mengikuti Teacher Writing Camp angkatan ke-3.

 

Tahun 2014 merupakan awal beliau membangun Branding lewat blog, dan banyak mencurahkan gagasan tentang pendidikan. Untuk membangun branding tidak semudah membalikan telapak tangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

1.      Harus bersungguh-sungguh

2.      Sejalan dengan kompetensi diri

3.      Selaras dengan kepribadian

4.      Konsisten pada branding

5.      Di share/bagikan melalui link

Dalam membuat tulisan dapat dilakukan melalui hosting/web yaitu tempat dimana file dan data yang diperlukan website disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet. File website yang disimppan pada hosting dapat berupa video, gambar, email, scipt, aplikasi dan database (Niaghoster). Singkatnya hosting adalah tempat menyimpan file.

 

Motivasi beliau:

1.      Ingin hidupnya bermanfaat bagi orang banyak

2.      Belajar dan belajar

3.      Berusaha

4.      Punya motto “jadilah pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani”

5.      Menjadi pribadi yang berkualitas

6.      Punya visi dan kurikulum “anak-anaknya menjadi pribadi yang shalih” dengan cara @anaktanpagadget, tv dan bioskop”

Motivasi diri sendiri untuk bisa konsisten dalam menulis adalah menggunakan rumus 5a, yaitu:

1.      Dipaksa

2.      Terpaksa

3.      Kepaksa

4.      Biasa

5.      Terbiasa

Paksakan dulu selama 3 bulan minimal menulis 15 menit saja.

Membuat blog yang menarik caranya:

1.      Designya simpel

2.      Postingan dipandukan tulisan, video dan gambar

Seseorang perlu membranding diri karena punya tujuan untuk dikenal publik, sehingga ilmunya bermanfaat. Jadilah sebaik-baik manusia yang bisa bermanfaat untuk orang banyak. Jika belum paham tentang branding, tidak usah dipusingkan, fokus saja menulis sesuai dengan kemampuan kita.

 

Kesimpulannya, untuk membangun branding ada beberapa tips, seperti:

1.      Buat nama pada blog sesuai branding yang sudah ditentukan secara unik, simple dan mudah diingat

2.      Menulis sesuai passien kita

3.      Banyaklah membaca

4.      Publikasikan melalui medsos

5.      Tulislah blog sesuai permintaan pengunjung

6.      Jangan jadi plagiat

7.      Menulislah sesuai kata hati.


 TUGAS           : RESUM KE-13

MATERI         : MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU

NAMA            : SURDIJANTI, S.Pd

UNIT KERJA : SMP NEGERI 8 PURWOKERTO

ANGKATAN : 11

 

Hari/tgl            : Senin, 29 Juni 2020                                                             

Waktu             : 19.30 – 20.30 WIB

Nara Sumber   : Dra. Betti Risnalenni MM

Moderator       : Fatimah

MENGELOLA SEKOLAH DI ERA COVID-19

 

Pendiri Kelompok Belajar (KB) TK dan

1.      “tak pernah lelah dalam mengajar”.

2.      Anak miskin di sekolah biasa/kurang itu biasa, anak kaua di sekolah bagus itu biasa, tapi anak kurang beruntung bisa disekolah bagus itu luar biasa.

3.      Anak yatim dan tidak mampu free

4.      Orang yang mampu bayar normal.

Apalagi beliau membuat sekolah mulai tahun 2003 sampai sekarang masih mengelola jenjang KB, TK dan SD, sehingga tak heran jika beliau bisa jadi guru teladan, kepala sekolah berprestasi dan juara interpreuner tingkat Jawa Barat untuk kalangan guru paud.

 

Menurut beliau progam dalam menghadapi pandemi covid-19 adalah dengan melakukan daring materi pelajaran, memberikan kegiatan rumah (life skill dan karakter). Dalam melaksanakan daring harus ada kerjasama seluruh orang tua, teman guru dan karyawan. Dan daring ternyata lebih capek karena bekerja dirumah lebih susah, banyak gangguannya. Oleh karena itu agar tidak merasa bosan dalam memberikan materi bisa di share melalui instagram demikian pula dengan tugas-tugas yang lainnya.

 

TUGAS           : RESUM KE-14

MATERI         : MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU

NAMA            : SURDIJANTI, S.Pd

UNIT KERJA : SMP NEGERI 8 PURWOKERTO

ANGKATAN : 11

 

Hari/tgl            : Rabu, 1 Juli 2020                                                                 

Waktu             : 19.30 – 20.30 WIB

Nara Sumber   : Muhammad Firman Suwarya

Moderator       : Fatimah 

FREEWRITING

 

FREEWRITING yaitu cara/teknik menulis cepat tanpa hambatan. Maksudnya ketika menulis jangan berpikir tulisannya akan salah, keliru, jelek atau tidak bagus. Tulisan akan baik dan bagus setelah di kroscek, yang tidak penting dibuang yang kurang ditambah dan seterusnya.

 

Begitu mengenal kata free writing beliau langsung terbebas dari penyakit seperti diatas. Bagaimana caranya memahami dan menerapkan freewriting? Beliau menggambarkan dalam ilustrasi sederhana semisal akan menghadapi ujian sekolah. Di dalam perjalanan menuju ke sekolah ternyata jalanan macet total, padahal waktu kian mendekati ujian, yang terpikir dalam benak kita pasti bagaimana caranya agar segera sampai di sekolah, tak pelak akhirnya mengambil langkah seribu, ngebuuuutttt walhasil sampai di sekolah ujian sudah dimulai. Karena terlambat maka dalam mengerjakan soalpun ngebut juga.

 

Langkah-langkah apa yang bisa kita lakukan dalam agar bisa freewriting?

1.      Segera tulis ide yang muncul sebelum ide menghilang

2.      Buat outline (garis besar cerita).

3.      Meluangkan waktu secara kontinyu walaupun hanya 30 menit.

4.      Tentukan deadline dalam membuat buku

5.      Cari penerbit baik yang indie (lebih mudah dan cepat selesai karena hanya 50 halaman) maupun mayor

6.      Menulislah dengan hati agar sampai di hati pembaca.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 


No comments:

Post a Comment